Path: Top > S1-Final_Project > Fakultas_Sastra > Sastra_Jepang > 2012

Kanji E-Games Sebagai Media Pembelajaran Kanji

Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2013-02-01 10:50:51
By : Adri Pratama NIM. 63803019, Perpustakaan UNIKOM
Created : 2013-02-01, with 15 files

Keyword : Kanji, E-Games
Url : http://alumni.unikom.ac.id

Dalam pembelajaran bahasa Jepang, biasanya huruf menjadi kendala pada tahap awal pembelajaran, terutama huruf kanji. Mempelajari kanji sangat sulit dikarenakan huruf kanji yang sangat banyak dan cara baca yang berbeda. Seiring dengan pesatnya teknologi dan ilmu pengetahuan, metode pembelajaran dapat menggunakan sistem informasi yang berbasiskan multimedia. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis membuat suatu media yang berbasiskan multimedia untuk pembelajaran kanji tingkat dasar yang dibuat dengan dengan menggunakan software macromedia flash. Cara ini sangat efektif karena pembelajaran yang disertai dengan menggunakan multimedia ini akan sangat memudahkan mahasiswa dalam proses belajar. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa tingkat I Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra UNIKOM yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap media yang dibuat oleh penulis yaitu "Kanji E-Games" dengan cara membagikan angket kepada responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research & Development). Berdasarkan hasil dari angket yang dibagikan kepada responden, sebagian besar responden menjawab bahwa media Kanji E-Games mudah digunakan, karena dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca, serta dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis dan efektif sebagai media pembelajaran. Dengan demikian media Kanji E-Games dapat dikatakan sebagai media pembelajaran kanji untuk tingkat dasar. Apabila terdapat ketidaksempurnaan dalam penelitian ini, diharapkan ada yang menyempurnakan media yang telah penulis buat dan bagi pengajar bahasa Jepang diharapkan dapat menciptakan atau mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif agar pembelajar bahasa Jepang terutama kanji tidak merasa bosan atau jenuh.

Description Alternative :

In learning Japanese, letter usually become obstacle in early stage learning especially kanji letters. Learning kanji is really difficult because of the massive amount of kanji letters and different pronounciations. As the technology and science quickly developed, learning methods is enable using multimedia information system. With that background, writer made a media with multimedia base for first grader kanji language study using the macromedia flash software. This is a very effective way because the study combined using this multimedia will make the learning process easier for the students. The study conducted to the first grader student on Japanese Departement UNIKOM made to establish the student reaction to the media made by the writer: "Kanji E-Games" by distributing quessionaire to the respondent. Method used in this research is R&D (Research & Development). According to the results from the quessionaires distributed to the repondents, majority stated that Kanji E-Games media is easy to use, because it enables in helping reading progress including in writings and effective as a learning media. Therefore Kanji E-Games media could be proclaim as a first grader kanji learning method. Hence found any flaws in this research, please be known that the writer hopes the media she/he made for will be perfected and for the Japanese teachers, expected to create and develop a more effective methods so the students of Japanese especially those learning kanji will not feel bored.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationPerpustakaan UNIKOM
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id