Path: Top > D3_Tugas_Akhir > Keuangan_Perbankan > 2011

Analisis pemberian Pinjaman Dan Ketentuan Bagi Hasil Melalui Sistem pembiayaan Mudharabah Pada Bank Syariah Muamalat Cabang Purwakarta

2011
Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2012-01-18 14:37:58
By : Aidil Syah; Nim 21507038, Perpustakaan UNIKOM
Created : 2012-01-18, with 9 files

Keyword : Pemberian Pinjaman, Ketentuan Bagi Hasil, Sitem Pembiayaan Mudharabah.
Url : http://alumni.unikom.ac.id

Permasalahan yang ada saat ini adalah pengembalian pinjaman (setoran) dari nasabah pengguna dana, dimana nasabah pengguna dana dari hasil usahanya tidak disetor ke perbankan syariah untuk menyicil hutangnya sehingga perbankan syariah mengalami kerugian, maka dari itu harus diperhatikan kelayakan untuk pemberian pinjaman dan ketentuan tentang bagi hasil melalui system pembiayaan mudharabah.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pemberian pinjama dan ketentuan bagi hasil memlalui system pembiayaan mudharabah pada Bank Syariah Muamalat cabang Purwakarata

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dalam pendekatan kuantitatif. Metode deskriptif analisis yaitu suatu metode pengambilan data yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya dan Pendekatan kuantitatif merupakan salah satu pendekatan yang ada dalam ilmu sosiologi. Pendekatan ini menekankan pada syarat dan prosedur yang ketat dalam menentukan variabel-variabel penelitiannya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, pengamatan, teknik dokumentasi dan teknik kepustakaan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kerugian akibat nasabah pengguna dana dari hasil usahanya yang tidak disetorkan yang di tangung oleh perbankan syariah dalam pemberian pinjaman dan ketentuan bagi hasil disebabkan kurang ketelitian saat pemberian dan pengawasan pinjaman oleh pihak bank maupun pihak nasabah itu sendiri.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationPerpustakaan UNIKOM
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id