Path: Top > S1-Final_Project > Fakultas_Sospol > Ilmu_Komunikasi > 2016

Persepsi Masyarakat Mengenai Pesan Dalam Iklan

2016
Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2017-04-21 10:20:25
By : Amar Abdul Azis Asyari NIM. 41812020, Perpustakaan UNIKOM (arieasyariarie@gmail.com)
Created : 2017-04-21, with 12 files

Keyword : Deskriptif, Persepsi, Pesan, Merisak, dan Iklan.
Url : http://alumni.unikom.ac.id

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Persepsi Masyarakat mengenai Pesan dalam Iklan. Untuk mendeskripsikan mengenai persepsi tersebut, peneliti memfokuskan kedalam beberapa sub masalah mikro yaitu Sensasi, Atensi dan Interpretasi masyarakat sehingga menghasilkan Persepsi Masyarakat mengenai Pesan dalam Iklan. Metode Penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi, internet searching dan studi literatur. Teknik uji keabsahan data dengan cara meningkatkan ketekunan pengamatan (persistent observation), pengecekan anggota (member check). Hasil Penelitian menggambarkan bahwa, Sensasi Masyarakat mengenai pesan dalam iklan merupakan sensasi yang positif, dimana masyarakat menganggap iklan “Lawan Nama Julukan” bermanfaat sehingga perlu ditayangkan. Atensi Masyarakat mengenai Pesan dalam iklan yaitu pesan anti bully atau merisak yang terdapat dalam iklan tersebut. Interpretasi Masyarakat mengenai Pesan dalam Iklan adalah masyarakat setuju dan mendukung adanya iklan “Lawan Nama Julukan”. Persepsi Masyarakat mengenai Pesan dalam Iklan secara keseluruhan adalah persepsi positif. Simpulan dari penelitian ini adalah Persepsi Masyarakat mengenai Pesan dalam Iklan “Lawan Nama Julukan” adalah persepsi positif. Masyarakat mendukung adanya iklan ini, serta setuju dengan pesan yang disampaikan didalamnya. Saran dari penelitian ini adalah memperbanyak iklan dengan pesan yang menginspirasi ataupun memotivasi masyarakat.

Description Alternative :

This study intends to determine Public perception about the message in the ad. To describe the perception, researchers focused into several sub-problems, namely micro Sensation, Attention and Interpretation of society resulting in Public Perception of the message in the ad. Research methods in this study used a qualitative approach with descriptive method. Subjects in this study amounted to 5 (five) people obtained through purposive sampling techniques. Data collection through in-depth interviews, participant observation, documentation, Internet searching and literature studies. Mechanical test the validity of the data by increasing the persistence of observation, checking member. The finding of the research, Sensation Society about the message in the ad is a positive sensation, where the public considers the ad "Lawan Nama Julukan" beneficial that need airing. Public attention on the message in the ad is anti bully or bully message contained in the ad. Community interpretation of the message in the ad is that people agree and support their advertising "Lawan Nama Julukan". Public perception of the message in the ad as a whole is a positive perception. Conclusions from this research is the Public Perception of the Messages in Advertising "Lawan Nama Julukan" is a positive perception. Community supports the ad, as well as agree with the message in it. Suggestions of this research is to multiply the ads with messages that inspire or motivate people.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationPerpustakaan UNIKOM
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id