Path: Top > S1-Final_Project > Fakultas_Desain > Desain_Komunikasi_Visual > 2012

Persepsi visual masyarakat terhadap kemasan kondom Fiesta dan Durex

2012
Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2012-10-11 11:31:48
By : Dade Maulana, Perpustakaan UNIKOM
Created : 2012-10-11, with 13 files

Keyword : Kemasan, Persepsi Visual, Masyarakat, tanggapan
Url : http://alumni.unikom.ac.id

Kemasan merupakan kesan singkat dari citra produk yang ingin disampaikan oleh produsen kepada konsumen, dan kemasan tersebut haruslah terpadu dengan fungsi produk. Kemasan memainkan peranan penting dalam identitas produk karena kemasan merupakan penghubung yang penting antara pabrik, pengecer dan pelanggan. Dengan demikian setiap kemasan seyogyanya berbeda dengan kemasan produk lain yang serupa sehingga identitas produk tersebut dapat tersampaikan dengan tepat. Keragaman desain kemasan terjadi juga pada salah satu produk kontrasepsi yaitu kondom. Saat ini produk yang mendominasi pasaran adalah dari produsen Fiesta dan Durex. Secara umun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang persepsi visual masyarakat terhadap kemasan produk kondom Fiesta dan Durex, dan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur visual yang paling menarik dari kemasan kondom Fiesta dan Durex menurut masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu wawancara mendalam kepada dua pihak yaitu pihak responden dan pihak Circle K. Teknik wawancara mendalam dipilih karena memungkinkan peneliti dapat memperoleh data dalam jumlah banyak dan terbuka. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara pada responden, sedangkan data sekunder merupakan data yang didapatkan dari hasil studi pustaka dan pencarian data online. Dari hasil wawancara dapat diketahui bahwa desain pada kemasan kondom Fiesta dan Durex dapat memberikan kesan yang berbeda pada konsumen, kesan tersebut diperoleh dari pandangan responden terhadap aspek-aspek visual dalam kemasan yaitu, warna, bentuk, logo, tipografi dan ilustrasi. Aspek visual yang unik pada kemasan dapat lebih menarik perhatian dan mudah diingat konsumen. Selanjutnya berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diperoleh data bahwa konsumen kurang mendapat informasi mengenai produk didalamnya pada Primary Display Panel / Panel Display Utama, sehingga beberapa diantara mereka sering menganggap kemasan kondom Fiesta dan Durex merupakan kemasan sebuah produk makanan.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationPerpustakaan UNIKOM
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id