Print ...

Contributor...

  • I Made Aryantha,, Editor: Calis Maryani

Downnload...

Path: Top > S1-Final_Project > Fakultas_Teknik_dan_Ilmu_Komputer > Teknik_Industri > 2011

Analisis Kinerja Gerbang Tol Pasteur Di PT. Jasa Marga (Persero) TBK

2011
Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2011-11-14 08:31:40
By : Friska Sitanggang; Nim 10307010, Perpustakaan UNIKOM (friskasitanggang69@yahoo.com)
Created : 2011-11-14, with 12 files

Keyword : Teori Antrian, Utilitas.
Url : http://alumni.unikom.ac.id

Antrian adalah suatu kejadian yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Menunggubr /
didepan loket untuk mendapatkan tiket kereta api atau tiket bioskop, gerbang tol,br /
bank, kasir supermarket, dan situasi-situasi lain yang sering kita temui. Antrianbr /
terjadi disebabkan oleh kebutuhan akan layanan melebihi kemampuan (kapasitas)br /
pelayanan atau fasilitas layanan, sehingga pengguna fasilitas tidak bisa segerabr /
mendapat layanan disebabkan kesibukan layanan. Teori antrian dapat digunakanbr /
untuk mengevaluasi fenomena antrian dari sudut pandang pelanggang danbr /
penyedia jasa, sehingga akan dihasilkan solusi optimal. Dimana penyedia jasabr /
masih memperoleh untung dan pelanggan tidak mengeluh waktu antri yang lama.br /
Objek penelitian yang dilakukan oleh penulis berada pada gerbang tol Pasteurbr /
cabang Pasteur yang berada pada naungan PT. Jasa Marga (Persero). Tbk.br /
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi antrian panjang dan juga dapatbr /
meningkatkan performasi gerbang tol. Pengumpulan data dilakukan denganbr /
mengamati dan mencatat jumlah kedatangan kendaraan dan waktu pelayananbr /
kendaraan. Pada pengamantan yang telah dilakukan, gerbang tol terdapat dua jalurbr /
yaitu jalur entrance dan exit dimana 13 gardu aktif, 5 gardu entrance dan 8 gardubr /
exit.br /
Di gerbang tol Pasteur sering dijumpai mobil yang lewat baik pada saat shiftbr /
I,shift II dan kecuali pada saat shift III. Untuk meningkatkan performansi kerjabr /
gerbang tol perlu dilakukan penyelesaian yang tepat yaitu dengan menggunakanbr /
metode teori antrian dengan saluran Multi Channel-Multi Server yaitubr /
M/M/c/GD/#8734;/#8734;. Dengan menggunakan metode ini terlebih dahulu dilakukanbr /
pengujian data yaitu untuk mengetahui apakah data tersebut mengikuti distribusibr /
Poisson dan distribusi Eksponensial.br /
Dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan diperoleh bahwa pengujian databr /
melalui Uji Test Kolmogorov Smirnov mengikuti distribusi Poisson dan jugabr /
distribusi Eksponensial. Kemudian dari pengolahan data teori antrian diperolehbr /
utilitas shift I,shift II ± 30% dan shift III= 7.403% dengan gardu yang aktifbr /
sebanyak 8 gardu, sehingga diberikan usulan dengan menambah gardu pada saatbr /
shift I dan II dan mengurai gardu pada shift III dan juga meningkatkan waktubr /
pelayanan

Description Alternative :

get train tickets or theater tickets, toll booths, bank, supermarket cashiers, andbr /
other situations that we often encounter. Queues occur due to the need for servicesbr /
exceeds the ability (capacity) services or facilities, so that users of the facility canbr /
not receive immediate care services due to busyness. Queuing theory can be usedbr /
to evaluate the phenomenon from the viewpoint pelanggang queue and servicebr /
providers, so it will produce the optimal solution. Where service providers stillbr /
make a profit and customers do not complain a long queue times.br /
The object of research conducted by the authors are at the toll gate Pasteur Pasteurbr /
branches located in the shade PT. Jasa Marga (Persero). Tbk. This study aims tobr /
reduce long queues and can also improve performasi toll booths.The data wasbr /
collected by observing and recording the number of vehicle arrival time andbr /
service vehicles. In pengamantan that has been done, the toll booths there are twobr /
lines of lane entrance and exit where 13 active substation, five substationsbr /
substation entrance and 8 exit.br /
At the toll gate pasteur common good of a passing car when I shift, shift II and IIIbr /
except during shift. To improve the work performance of the toll booths need tobr /
be done the right solution is to use a method of queuing theory with Multi-channelbr /
Multi-Channel Server is M / M / c / GD / #8734; / #8734;. By using this method is firstbr /
tested the data to determine whether the data follows the Poisson and Exponentialbr /
distribution.br /
From the results of data processing that has been made that the test data obtainedbr /
through Test Kolmogorov Smirnov Test to follow Poisson distribution andbr /
Exponential distribution. Then from the processing of data obtained by utility shiftbr /
queuing theory I, II shift shift ± 30% and III = 7403% with an active substationbr /
substation by 8, so that given the proposal to add a substation at the time shift Ibr /
and II and III parse the substation on the shift and also increase the service time

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationPerpustakaan UNIKOM
Contact NameUbudiyah Setiawati
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionJawa Barat
CountryIndonesia
Phone022-2504119
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id