Print ...

Contributor...

  • Editor:

Path: Top > Makalah

Pengontrolan ketinggian pada pesawat microlight menggunakan algoritma fuzzy

Gray literature from JBPTUNIKOMPP / 2010-11-02 14:14:31
By : Yeffry Handoko Putra; NIP 4127 70 05 001, Selvia Lorena Br Ginting; NIP. 4127 70 05 003, Dosen Teknik Komputer,Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer,UNIKOM
Created : 2004-05-06, with 0 files

Keyword : Fuzzy, Otomatis, Pengontrolan
Url : http://

Penelitian ini mensimulasikan kondisi dari pesawat ringan microlight yang dilepaskan dari suatu ketinggian 1500m tanpa manusia yaitu dengan memanfaatkan fuzzy logic controller sebagai auto pilot. Target pendaratan adalah daerah rendah dengan ketinggian 1000m. Tanpa menggunakan mesin, pesawat microlight yang disimulasikan pada penelitian ini akan memanfaatkan informasi laju angin yang datang dari depan dan informasi ketinggian pesawat di atas target untuk menentukan besarnya sudut angkat sirip pesawat secara otomatis. Besar rentang dari masing-masing input adalah untuk laju angin 0-60m/detik, ketinggian pesawat d atas target 0-600m dan sudut sirip pesawat -8 sampai 24`. Hasil yang diperoleh adalah untuk beberapa simulasi dengan kondisi angin yang berbeda, pesawat ini dapat mendarat pada target dengan waktu sekitar 11 menit. Selisih waktu pendaratan yang berbeda antara masinng-masing simulasi berkisar maksimum 0,6 menit yang menandakan adanya waktu melayang yang berbeda-beda dalam mengantisipasi kondisi angin yang berbeda..

Description Alternative :

Penelitian ini mensimulasikan kondisi dari pesawat ringan microlight yang dilepaskan dari suatu ketinggian 1500m tanpa manusia yaitu dengan memanfaatkan fuzzy logic controller sebagai auto pilot. Target pendaratan adalah daerah rendah dengan ketinggian 1000m. Tanpa menggunakan mesin, pesawat microlight yang disimulasikan pada penelitian ini akan memanfaatkan informasi laju angin yang datang dari depan dan informasi ketinggian pesawat di atas target untuk menentukan besarnya sudut angkat sirip pesawat secara otomatis. Besar rentang dari masing-masing input adalah untuk laju angin 0-60m/detik, ketinggian pesawat d atas target 0-600m dan sudut sirip pesawat -8 sampai 24`. Hasil yang diperoleh adalah untuk beberapa simulasi dengan kondisi angin yang berbeda, pesawat ini dapat mendarat pada target dengan waktu sekitar 11 menit. Selisih waktu pendaratan yang berbeda antara masinng-masing simulasi berkisar maksimum 0,6 menit yang menandakan adanya waktu melayang yang berbeda-beda dalam mengantisipasi kondisi angin yang berbeda..

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationDosen Teknik Komputer,Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer,UNIKOM
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id