Path: Top > S1-Final_Project > Fakultas_Sospol > Ilmu_Komunikasi > 2009

STRATEGI SUB DINAS BINA PROMOSI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA JAWA BARAT DALAM MEMPROMOSIKAN KOTA BANDUNG MELALUI KEGIATAN KEMILAU NUSANTARA

2009
Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2010-03-02 14:49:13
By : H A B I B I NIM. 41804134, Perpustakaan UNIKOM
Created : 2009-12-17, with 3 files

Keyword : promosi pariwisata
Url : http://alumni.unikom.ac.id

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi subdinas bina promosi dinas kebudayaan dan pariwisata Jawa Barat dalam mempromosikan kota Bandung melalui kegiatan kemilau nusantara, untuk menjawab permasalahan penelitian tersebut peneliti mengangkat indikator Tujuan, Rencana, kegiatan, Pesan, Media untuk mengukur variabel strategi.




Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan metode yang digunakan deskripif. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, studi kepustakaan, internet searching. Dan populasi penelitian adalah pegawai bagian sub promosi disbudpar sebangak 4 orang (N=4) dan tehnik sampling adalah purposive sampling dan sampelnya 1 orang (n=1) dan tehnik analisis data adalah penyeleksian data,klasifikasi data, merumuskan hasil penelitian, menganalisa hasil penenlitian.




Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuannya adalah merupakan wadah untuk pengenalan dan pelestarian dan pengembangan serta promosi seni budaya dan pariwisata, rencana yang di lakukan adalah helaran dan pergelaran pentas kesenian tradisional. kegiatan yang dilakukan adalah helaran/parade seni budaya, hiburan rakyat, lomba fhoto, pameran informasi kepariwisataan, pameran kerajinan/makanan khas daerah. Pesan yang disampaikan adalah bagaimana menarik wisatawan baik lokal maupun manca Negara demi kemajuan daerah.media yang digunakan adalah media elektronik, media cetak serta media luar ruang.




Kesimpulan penelitian terlihat bahwa strategi subdinas bina promosi dinas kebudayaan dan pariwisata jawa barat dalam mempromosikan kota bandung melalui kegiatan kemilau nusantara yang telah disusun dengan baik, isi pesan yang disampaikan sudah jelas, lengkap, sehingga mudah dimengerti dan diterima. Media yang digunakan adalah media cetak dan media elektronik dan prioritas sasaran promosi adalah wisatawan dalam dan luar negri




Saran yang dapat diberikan setelah penelitian. Pameran kesenian dan objek wisata dalam berbagai kegiatan, seperti pergelaran musik tradisional sebaiknya dilakukan sebulan satu kali di tempat-tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, mall dan lain-lain.

Copyrights : Copyright � 2001 by Digital library - Perpustakaan Pusat Unikom . Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationPerpustakaan UNIKOM
Contact NameUbudiyah Setiawati
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionJawa Barat
CountryIndonesia
Phone022-2504119
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id

Print ...

Contributor...

  • , Editor: ubudiyah s

Downnload...


Jumlah Pengunjung: 78.320.082 sejak 27 Maret 2009
Hari ini 41.919 pengunjung, Kemarin: 61.100 pengunjung