Path: Top > S1-Final_Project > Fakultas_Hukum > 2017

Perlindungan hukum Terhadap Pengguna Jasa Maskapai Penerbangan Atas Kondisi Pilot Yang Membahayakan Keselamatan Penerbangan Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 1 2009 Tentang Penerbangan Juncto Undnag-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

2017
Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2018-01-13 10:01:09
By : Mochamad Rizky Nugraha NIM. 31613005, Perpustakaan UNIKOM ( riskandar953@gmail.com)
Created : 2018-01-13, with 15 files

Keyword : Perlindungan Hukum, Keselamatan Penerbangan, Pilot error
Url : http://alumni.unikom.ac.id

Indonesia merupakan Negara yang budaya keselamatan (safety culture) dunia penerbangan masih belum terwujud safety masih sebatas tahap awareness (kesadaran) yang dalam pelaksanaannya seringkali diabaikan, data sejumlah kecelakaan pesawat yang terjadi di Indonesia menunjukkan, sebagian besar disebabkan karena faktor manusia (human factor), kecelakaan yang diakibatkan oleh faktor manusia (human factor) ini terjadi karena rendahnya tingkat disiplin personel penerbangan dalam hal airmanship dan keselamatan. Skripsi ini akan membahas mengenai tanggung jawab pihak maskapai penerbangan terhadap pengguna jasa atas kondisi pilot yang membahayakan keselamatan penerbangan dan bentuk pengawasan terhadap pilot dalam upaya memenuhi standar keselamatan penerbangan. Skripsi penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan yuridis normatif, yaitu penelitian hukum yang mengutamakan penelitian kepustakaan yang ditinjau dari segi ilmu hukum khususnya hukum penerbangan dan hukum perlindungan konsumen serta mengenai penerapannya dalam praktik Berdasarkan kajian dapat ditarik simpulan bahwa tanggung jawab pihak maskapai penerbangan yaitu dengan mengembalikan dan menjamin hak-hak pengguna jasa sesuai dengan ketentuan keselamatan penerbangan dan perlindungan konsumen, serta menindak tegas pilot yang membahayakan keselamatan penerbangan. Bentuk pengawasan teerhadap pilot harus seuai dengan Surat Edaran No.28/2017 tentang SOP pemeriksaan sebelum terbang dan adanya inspeksi ataupun pengawasan ketat dari pemerintah terkait pelaksanaan SOP tersebut.

Description Alternative :

Indonesia is a country that the safety culture of the aviation world is still not realized safety is still limited awareness stage which in the implementation is often ignored, the data of a number of plane crashes that occurred in Indonesia showed, mostly caused by human factors, accidents caused by human factors is due to low levels Discipline of aviation personnel in terms of airmanship and safety. This thesis will discuss airline responsibilities to service users on pilot conditions that endanger aviation safety and supervisory forms of pilots in an effort to meet aviation safety standards. Thesis of this research the writer use normative juridical approach method, that is law research which give priority to library research in terms of law science especially aviation law and consumer protection law and about its application in practice Based on the study it can be concluded that the responsibility of the airlines is to restore and guarantee the rights of service users in accordance with the provisions of aviation safety and consumer protection, as well as crack down on pilots that endanger the safety of aviation. The form of supervision on the pilot must be in accordance with Circular Letter No.28 / 2017 on SOP of inspection before flying and inspection or strict supervision from the government related to the implementation of Standard Operation Procedure (SOP).

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationPerpustakaan UNIKOM
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id