Path: Top > S1-Final_Project > Fakultas_Teknik_dan_Ilmu_Komputer > Teknik_Sipil > 2012

Perusahaan Bus Di Kota Garut Perbandingan Kinerja Perusahaan Komunitas Bidang Studi : Teknik Transportasi

Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2013-01-07 09:30:47
By : Mungki Maulana Rachmadi NIM. 13007004, Perpustakaan UNIKOM (muncie_m2r@yahoo.com)
Created : 2013-01-07, with 6 files

Keyword : Kinerja trasportasi, angkutan umum, dan bus antar kota
Url : http://alumni.unikom.ac.id

Kebutuhan akan sarana transportasi dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan akibat semakin banyaknya kegiatan-kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi sehingga bertambah pula intensitas pergerakan lalu lintas antar kota. Seiring dengan meningkatnya mobilitas penduduk di kota Garut, maka dituntut tersedianya angkutan umum antar kota yang telah memenuhi syarat kelancaran, kenyamanan dan keamanan. Layanan transportasi bus antar kota salah satunya menjadi layanan angkutan umum yang sangat penting bagi orang yang tinggal disebuah kota. Layanan ini oleh karena itu, harus dipertahankan untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa transportasi umum. Maka untuk itulah akan diteliti bagaimana kinerja transportasi dari perusahaan-perusahaan bus yang ada di kota Garut serta pelayanannya, sehingga dapat diketahui tingkat kinerja terbaik dari perusahaan tersebut. Angkutan umum bus antar kota yang dipilih sebagai model penelitian yaitu perusahaan bus Karunia Bakti dan perusahaan bus Primajasa cabang Garut dengan jenis armada bus besar. Angkutan umum sebagai bagian dari sistem transportasi masyarakat merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Keberadaan angkutan umum sangat dibutuhkan, tetapi bila tidak ditangani dengan baik dan benar akan merupakan masalah bagi kehidupan manusia. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan metode survei dan wawancara langsung kepada pihak terkait serta pembagian kuisioner. Data yang digunakan adalah data primer (langsung dari lapangan) dan data sekunder (dari instansi yang terkait). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui deskriftif analisis kuantitatif. Dari analisa tersebut akan diketahui kinerja terbaik dari objek yang telah diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja transportasi perusahaan bus Primajasa cabang Garut mempunyai tingkat kinerja paling baik dibandingkan perusahaan bus Karunia Bakti. Dari ke enam parameter yang dibandingkan antar kedua perusahaan tersebut, perusahaan bus Primajasa cabang Garut memiliki empat parameter terbaik, yaitu efisiensi pembiayaan, efisiensi pelayanan, kualitas pelayanan dan keterjangkauan. Sedangkan perusahaan bus Karunia Bakti hanya memiliki dua parameter terbaik, yaitu efektifitas pembiayaan dan efektifitas pelayanan saja. Hasil dari jawaban responden melalui kuisioner pun setelah diolah menunjukan bahwa kualitas pelayanan serta tingkat kepuasan responden terbaik dimiliki oleh perusahaan bus Primajasa cabang Garut.

Description Alternative :

The need for transportation facilities from time to time continue to increase due to the increasing number of activities that require transportation services also increased the intensity of inter-city traffic movement. Along with the increasing mobility of people in the city of Garut, then demanded the availability of public transportation between cities that are qualified smoothness, comfort and safety. Inter city bus transport service one of which became public transport services are very important for people who lived in the city. These services, therefore, must be maintained to meet the needs of users public transport services. So for that transportation will be investigated how the performance of bus companies in the city of Garut and services, so that can know the best performance of the company. Inter city public transport bus is selected as a research model from the bus company Karunia Bakti and the bus company Primajasa branch Garut to the type of large bus fleet. Public transport as part of the public transport system is one of the basic needs of the community. The existence of public transport is needed, but if not handled properly will be a problem for human life. This study is a case study using surveys and interviews directly to related parties and the distribution of questionnaires. The data used are the primary data (directly from the field) and secondary data (from the relevant agencies). Analysis of the data used in this study is through quantitative descriptive analysis. Of analysis will be known best performance of the object that has been investigated. The results of this study indicate that the performance of bus transportation company Primajasa branch Garut has the best performance compared to the bus company's gift of devotion. Of the six parameters were compared between the two companies, bus companies Primajasa branch Garut has four best parameters, namely the efficiency of financing, service efficiency, service quality and affordability. While Karunia Bakti bus companies only have the best two-parameter, namely cost effectiveness, and effectiveness of services. Results of respondents' answers when processed through the questionnaire was to show that service quality and satisfaction levels of respondents best bus companies owned by Primajasa branch Garut.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationPerpustakaan UNIKOM
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id