Path: Top > D3_Tugas_Akhir > public_relations > 2013

Peranan Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui Majalah Kataji dalam memberikan informasi kepada publik internal dan eksternal

2013
Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2013-11-06 12:54:48
By : Octaviana Rumondang NIM.43310004, Perpustakaan UNIKOM
Created : 2013-11-06, with 14 files

Keyword : komunikasi dan humas
Url : http://alumni.unikom.ac.id

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Melalui Majalah KATAJI dalam memberikan Informasi Kepada Publik Internal dan Eksternal. Dalam hal ini penelitian membahas 3 buah pertanyaan penelitian antara lain mengenai fasilitator komunikasi, teknisi komunikasi dan peranan Humas.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, studi pustaka, ditunjang oleh internet searching serta dokumentasi dengan jumlah informan tiga orang yang terdiri dari 1 orang staf Humas dan 2 orang karyawan yang dianggap dapat mewakili publik internal dan eksternal.Hasil penelitian melalui wawancara dapat diketahui bahwa Humas bertindak sebagai komunikator atau mediator melalui majalah KATAJI dalam memberikan informasi kepada publik internal dan eksternal untuk mempermudah dalam mendapatkan informasi tentang kegiatan dan wisata serta budaya Jawa Barat. Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan provinsi Jawa Barat menyediakan layanan teknis komunikasi. Majalah merupakan media komunikasi antara Humas dengan publik dalam memberikan informasi tentang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.Kesimpulannya bahwa Peranan Humas dalam Majalah KATAJI yaitu sebagai Fasilitator Komunikasi dan Teknisi Komunikasi. Karena dengan Majalah KATAJI Humas menjadi fasilitator atau perantara dalam memberikan informasi kegiatan, wisata dan Budaya Jawa Barat kepada Publik Internal dan Eksternal. Humas pun menjadi teknisi komunikasi dengan melakukan komunikasi kepada Publik meskipun hanya satu arah melalui Majalah. Saran yang dapat diberikan bagi Humas sebaiknya juga menggunakan layanan majalah Elektronik, untuk dapat memberikan informasi ke masyarakat luas baik regional dan internasional tentang wisata dan seni budaya Jawa Barat.

Description Alternative :

This study aims to determine the role of Public Relations Department of Tourism and Culture Through KATAJI Magazine in providing information to the Public Internal and External. In this case study discusses the 3 pieces of research questions such as the facilitator of communication, and the role of Public Relations communications technician.This study used a qualitative approach with descriptive methods, data collection techniques used in this study were interviews, observation, library research, supported by Internet searching and documenting the number of informants three people consisting of 1 and 2 PR staff employees who are considered to representing internal and external publics.The results can be found through interviews that PR act as a communicator or mediator through magazines KATAJI in providing information to internal and external public to facilitate in obtaining information about activities and excursions and culture of West Java. Public Relations Department of Tourism and Culture of West Java province providing technical services communications. Magazine is a medium of communication between the PR with the public in providing information about the Department of Tourism and Culture of West Java.The conclusion that the role of PR in the magazine that is as facilitator KATAJI Communication and Communication Engineers. Because the PR KATAJI Magazine as facilitators or intermediaries in providing information on the activities, sights and culture of West Java to the Public Internal and External. Became a public relations communications technician with the communication to the public even though only one direction through the magazine.Advice can be given to the PR should also use Electronic magazine, to be able to provide information to the wider community both regionally and internationally on art and culture tour of West Java.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationPerpustakaan UNIKOM
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id