Path: Top > S1-Final_Project > Fakultas_Teknik_dan_Ilmu_Komputer > Teknik_Informatika > 2018

Peningkatan Kualitas Layanan Dengan Pendekatan CRM (Customer Relationship Management) Di Klinik Utama Kebidanan Handayani Bandung

2018
Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2018-08-31 13:21:30
By : Paskalis Dari Ngere NIM. 10111201, Perpustakaan UNIKOM
Created : 2018-08-31, with 11 files

Keyword : Customer Relationship Management, Kualitas Layanan, Servqual
Url : http://alumni.unikom.ac.id

Klinik Utama Kebidanan Handayani merupakan salah satu klinik kebidanan yang berada di kota Bandung. Jenis pelayanan yang tersedia pada Klinik Utama Kebidanan Handayani yaitu pelayanan poliklinik spesialis kandungan, pelayanan poliklinik umum, dan pelayanan poliklinik spesialis anak. Sesuai dengan visi dan misinya Klinik Utama Kebidanan Handayani selalu berusaha untuk menjadikan klinik kebidanan yang terbaik dalam pelayanan terhadap ibu dan bayi di kota Bandung.Saat ini pihak klinik belum pernah melakukan survei kepuasan pasien, dikarenakan saat ini pihak klinik belum memiliki indikator penilaian yang sesuai dengan layanan yang tersedia di klinik, hal tersebut mengakibatkan direktur klinik mengalami kesulitan dalam mengetahui nilai layanan yang sudah diberikan dari sisi pasien. Selain itu juga mengakibatkan direktur klinik tidak bisa menentukan layanan mana yang harus diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan sesuai dengan harapan pasien Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk merancang dan menerapkan strategi Customer Relationship Management, yang didalamnya dapat membantu diektur dalam merekomendasikan usulan perbaikan pelayanan klinik yang efektif sesuai dengan harapan dan kebutuhan pasien. Setelah melalui tahap pengujian, sistem informasi ini dapat mengatasi masalah yang terjadi. Direktur klinik dapat mengetahui nilai kualitas layanan yang sudah diberikan kepada pasien dan dapat memberikan usulan perbaikan layanan yang sesuai dengan harapan pasien.

Description Alternative :

Klinik Utama Kebidanan Handayani is one of the midwifery clinics located in Bandung. Types of services available at Klinik Utama Kebidanan Handayani are specialist policlinic services, public polyclinic services, and polyclinic services for child specialist. In accordance with the vision and mission Main Clinic Handayani Kebidanan always trying to make the best midwifery clinics in the service of mother and baby in the city of Bandung. Currently the clinic has never conducted a patient satisfaction survey, because currently the clinic does not yet have an assessment indicator that matches the services available in the clinic, it causes the clinic director to have difficulty in knowing the value of service that has been given from the patient side. It also leads to the clinic director not being able to determine which services should be prioritized for improvement in accordance with the expectations of the patient. From the problem it raises the idea of designing and implementing Customer Relationship Management strategies, which can assist the director in recommending effective clinical service improvement proposals hope and patient needs. After going through the testing phase, this information system can solve the problems that occur. The clinic director can know the value of service quality that has been given to the patient and can provide a service improvement proposal in accordance with the expectations of the patient.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationPerpustakaan UNIKOM
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id