Print ...

Contributor...

  • Editor:

Path: Top > Prosiding

TEKNIK dictogloss sebagai alternatif model pembelajaran mata kuliah chokai

Proceeding from JBPTUNIKOMPP / 2010-11-02 14:17:56
By : Dra. Melia Dewi Judiasri, M.Hum, M.Pd, Keynote Speaker Seminar Nasional Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia
Created : 2008-01-23, with 0 files

Keyword : Teknik dictogloss, mata kuliah chokai
Url : http://

Penggunaan teknik dictogloss ini adalah sebagai upaya untuk menciptakan pemelajaran yang lebih komunikatif dan lebih dinamis, sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih maksimal.





Dalam teknik ini pengajar membacakan sebuah wacana singkat kepada pemelajar dengan kecepatan normal dan pemeljar diminta menuliskan kata sebanyak yang mereka mampu, mereka kemudian bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk merekontruksi wacana dengan mendasarkan kepada serpihan-serpihan yang telah mereka tulis.




Hasil tes yang berkaitan dengan kemampuan menyimak isis wacana dan menuliskan kosakata dengan cepat diperoleh berdasarkan hasil rata-rata prosentase sbb: (tes 1) 90,2%; (tes 2) 84,1%; (tes 3) 87,6%, dengan demikian prosentase rata-rata perolehan jumlah jawaban yang betul pada tataran ini cukup tingi yakni 587,3%. Data hasil tes berupa hasi rekontruksi wacana yang disusun oleh pemelajar secara berkelompok dengan rata-rata prosentase kesesuaian antaran hasil rekontruksi dan teks asi berkisar antara 70% sampai dengan 90%.

Description Alternative :

Penggunaan teknik dictogloss ini adalah sebagai upaya untuk menciptakan pemelajaran yang lebih komunikatif dan lebih dinamis, sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih maksimal.





Dalam teknik ini pengajar membacakan sebuah wacana singkat kepada pemelajar dengan kecepatan normal dan pemeljar diminta menuliskan kata sebanyak yang mereka mampu, mereka kemudian bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk merekontruksi wacana dengan mendasarkan kepada serpihan-serpihan yang telah mereka tulis.




Hasil tes yang berkaitan dengan kemampuan menyimak isis wacana dan menuliskan kosakata dengan cepat diperoleh berdasarkan hasil rata-rata prosentase sbb: (tes 1) 90,2%; (tes 2) 84,1%; (tes 3) 87,6%, dengan demikian prosentase rata-rata perolehan jumlah jawaban yang betul pada tataran ini cukup tingi yakni 587,3%. Data hasil tes berupa hasi rekontruksi wacana yang disusun oleh pemelajar secara berkelompok dengan rata-rata prosentase kesesuaian antaran hasil rekontruksi dan teks asi berkisar antara 70% sampai dengan 90%.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationKeynote Speaker Seminar Nasional Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id