Path: Top > S1-Final_Project > Fakultas_Teknik_dan_Ilmu_Komputer > Teknik_Informatika > 2016

Pengembangan Layanan Mobile Dan Analisa Quality Of Service Pada IP-PBX Berbasis Protokol SIP Di PT. Melvar Lintasnusa

2016
Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2017-08-23 08:57:05
Oleh : Said Ahmad NIM. 10111913, Perpustakaan UNIKOM (Said.sunroof044@gmail.com)
Dibuat : 2017-08-23, dengan 16 file

Keyword : Jaringan komputer, VoIP, IP-PBX, Asterisk, Quality of Service, Mean Opinion Score, Layanan mobile
Url : http://alumni.unikom.ac.id

PT. Melvar Lintasnusa adalah perusahaan yang sudah lama bergerak di bidang Internet Service Provider. Perusahaan ini memiliki banyak karyawan dan beberapa diantaranya sering melakukan kunjungan lapangan ke kantor/gedung/rumah/hotel di wilayah Kota Bandung. Atas dasar itu, media komunikasi menjadi sarana yang paling penting untuk menjaga komunikasi antar karyawan di kantor pusat dengan karyawan yang bertugas di lapangan. Media komunikasi yang digunakan oleh PT. Melvar Lintasnusa adalah telepon kabel. Akan tetapi, dalam penerapannya masih sering terjadi gangguan. Oleh karena itu diperlukan media yang mampu mengoptimalkan sistem komunikasi antar karyawan pada PT. Melvar Lintasnusa. Salah satu cara alternatif untuk mengoptimalkan sarana komunikasi dengan mengembangkan sistem IP-PBX. IP-PBX Melsa menggunakan Asterisk sebagai proxy server berbasis protokol SIP. Dalam implementasi dan pengujian, dilakukan analisis layanan QoS (Quality of Service) dan MOS (Mean Opinion Score). Dengan demikian implementasi routing priority queue untuk paket suara menciptakan hasil suara yang baik dan stabil, dibandingkan default routing First IN First Out (FIFO) sesuai dengan nilai uji pengukuran berstandar ITU-T.

Deskripsi Alternatif :

PT. Melvar Lintasnusa is a company that has long been engaged in the Internet Service Provider. The company has many employees and some of them are often conducted field visits to the office / building / home / hotel in the city of Bandung. On that basis, media communication becomes the most important means to maintain communication between employees in the central office with employees on duty in the field. Media communication used by PT. Melvar Lintasnusa is wired telephone. However, the application is still frequent disturbances. Therefore we need a media that is able to optimize the system of communication between employees at PT. Melvar Lintasnusa. One alternative way to optimize the means of communication by developing IP-PBX systems that exist. Melsa IP-PBX using Asterisk as a proxy server based on sip protocol. In the implementation and testing, analysis of service QoS (Quality of Service) and MOS (Mean Opinion Score). Thus the implementation of priority queueue routing for voice packets for creating sounds good results and stable, compared to the default routing First IN First Out (FIFO) in accordance with the value of test measurements ITU-T standards

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUNIKOMPP
OrganisasiPerpustakaan UNIKOM
Nama Kontakdyah@unikom.ac.id
AlamatJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
KotaBandung
DaerahWest Java
NegaraIndonesia
Telepon022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
E-mail Administratorperpus@unikom.ac.id
E-mail CKOperpus@unikom.ac.id