Path: Top > S1-Final_Project > Fakultas_Sospol > Ilmu_Komunikasi > 2011

Konsep Diri Anak Tunagrahita Ringan

Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2011-10-27 10:03:23
By : Silfia Feronika; Nim 41807020, Perpustakaan UNIKOM
Created : 2011-10-27, with 11 files

Keyword : Konsep Diri, Tunagrahita
Url : http://alumni.unikom.ac.id

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan juga mengungkapkan mengenai fenomena yang selama ini tidak terekspose dengan baik dan menguraikan mengenai bagaimana konsep diri anak tunagrahita ringan ditinjau dari pendekatan interaksi simbolik yang digunakan dan juga untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri anak tunagrahita ringan.br /
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi fenomenologi dengan pendekatan interaksi simbolik. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara Wawancara Mendalam, Observasi/Pengamatan berperan-serta, Studi Kepustakaan, dan Internet Searching. Pemilihan informan dilakukan dengan cara informan yang ditetapkan secara sengaja oleh peneliti dan disesuaikan dengan tujuan penelitian. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan Data collection, Data reduction, Data display,dan Conclusion drawing (verification). Sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan Triangulasi data. Triangulasi data yaitu untuk mengecek kebenaran dengan cara menghilangkan perbedaan-perbedaan yang ada saat mengumpulkan data.br /
Hasil penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan merupakan anak yang memiliki keterbelakangan mental atau keterlambatan dalam hal perkembangan baik komunikasi ataupun berinteraksi dan juga memiliki IQ yang berada dibawah rata-rata. Konsep diri anak tunagrahita sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang significant other yang terdiri dari orang tua dan keluarga. Disamping itu, peran reference group yang terdiri dari guru dan lingkungan ikut mempengaruhi pengembangan konsep diri dari anak tunagrahita ringan, yang terjadi melalui pertukaran simbol-simbol yang memiliki makna.br /
Simpulan dari penelitian ini adalah konsep diri anak tunagrahita ringan terdiri dari konsep diri positif dan juga negatif yang sangat dipengaruhi peran orang tua dan guru, serta peran serta dari masyarakat. Pembentukan konsep diri, melibatkan pertukaran simbol-simbol yang memiliki makna.br /
Dari hasil penelitian ini diperoleh saran yaitu untuk para orang tua bisa menerima keadaan anak tunagrahita, dan memberikan perhatian. Serta peran guru dan juga masyarakat yang terus memberikan dukungan kepada anak tunagrahita agar bisa berkembang dan memperoleh kesempatan.

Description Alternative :

This study aims to find out about self concept of mild mental reterdation and reveal about the phenomenon that has not been properly exposed and describes how self-concept of mild mental reterdentation observed from the symbolic interaction approach is used and also to determine the factors that influence children's self-concept mild mental reterdentation.br /
The method used in this study is to use a phenomenological study of the symbolic interaction approach. For data collection is done by way of depth interviews,observation participate, Studies Bibliography, and Internet Searching. The selection is done by informant informants set deliberately by researchers and adapted to the purpose of research. Data analysis technique used is the data collection, data reduction, data display, and Conclusion drawing (verification). Meanwhile, to test the validity of the data used triangulated data. Triangulation of data that is to check the truth by eliminating the differences that exist when collecting data.br /
The results of this study was mild mental reterdentation.is a child who has mental retardation or developmental delay in terms of either communication or interaction and also has the IQ is below average. Self-concept of mild mental reterdentation is strongly influenced by upbringing other significant people consisting of parents and families. In addition, the role of reference groups consisting of teachers and the environment influence the development of self-concept of mild mental reterdentation., which occurs through the exchange of symbols that have meaning.br /
Conclusions self-concept of mild mental reterdentatio consists of positive and negative self concept who greatly influenced the role of parents and teachers, as well as participation from the community. Formation of self-concept, involving the exchange of symbols that have meaning.br /
Of the result of this research was obtains advice the parents accepts the situation of mild mental reterdentation., and pay attention. And the role of teachers and communities who continue to provide support to mild mental reterdentation.order to develop and acquire opportunity.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationPerpustakaan UNIKOM
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id