Path: Top > S2_Thesis > Magister Sistem Informasi > 2015

Perencanaan Arsitektur Enterprise Kantor Wilayah Kementrian Agama Menggunakn Framework Togaf ADM (Studi Kasus: Subbagian Informasi Dan Hubungn Masyarakat Kantor Wilyah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat)

2015
Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2018-01-29 15:11:40
By : Yudi hermawan NIM. 5710113017, Perpustakaan UNIKOM (yudihermawan@kemenag.go.id )
Created : 2018-01-29, with 12 files

Keyword : TOGAF-ADM, arsitektur, enterprise, uptodate.
Url : http://alumni.unikom.ac.id

Kementerian Agama merupakan salah satu kementerian pada pemerintah Indonesia yang memiliki perwakilan di setiap provinsi yang disebut dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama. Pemanfaatan sistem informasi di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat saat ini belum optimal dalam mendukung tugas dan fungsi organisasi. Sistem informasi yang ada hanya menunjang sebagian kecil tugas dan fungsi yang ada, serta belum terintegrasi antara bidang yang satu dengan bidang yang lainnya, sehingga belum dapat memenuhi kebutuhan organisasi secara keseluruhan. Sekarang ini arsitektur enterprise untuk mendukung proses bisnis belum ada, tetapi sebagian aplikasi pendukungnya sudah ada dan masih berjalan secara masing-masing. Pimpinan kantor harus membaca banyak surat kabar dan majalah untuk mengetahui berita keagamaan yang uptodate, selain itu pimpinan kantor juga sulit mengetahui data keagamaan dan pendidikan yang uptodate. Penelitian dan penulisan tesis ini, menggunakan metodologi sebagai acuan langkah-langkah yang akan dilakukan. Metodologi utama yang digunakan dalam melakukan perancangan arsitektur ini menggunakan The Open Group Architecture Framework (TOGAF) dengan metode ADM (Architecture Development Method). Tesis ini menekankan pada 6 tahap pertama yaitu Visi Arsitektur, Pemodelan Arsitektur Bisnis, Pemodelan Arsitektur Sistem Informasi, Pemodelan Arsitektur Teknologi, Peluang dan Solusi, dan Perencanaan Migrasi.Hasil perancangan ini didapatkan sebuah sistem yang terintegrasi yang menghasilkan proses bisnis secara menyeluruh (terintegrasi di seluruh unit organisasi). Permasalahan belum adanya dukungan Teknologi Informasi dalam mengakomodasi pelaksanaan proses bisnis di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat dapat diselesaikan. Data dan informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat, tepat, dan akurat. Sistem yang terintegrasi ini terdiri dari empat aplikasi, yaitu aplikasi press rilis, aplikasi Dokumentasi, aplikasi kliping berita, dan aplikasi Data Kanwil.

Description Alternative :

Sustainability depends on the success of the family business succession, where the process over the leadership (succession) be a key survival of family business where the delivered company to the next generation. Founder shall prepare succession as a test for glory the family business, succession is often a sensitive issue, especially for the founders who has built a business from zero. The purpose of this study is to describe the process of succession that takes place in the family company which includes planning and preparing a successor competence in CV Ravina. This study used a qualitative method with a case study approach to CV Ravina who is a family businsess concentrates on garment, data collection techniques by observation, interviews, documentation and source triangulation. The informant is the founder and successor companies. The results of this study indicate that CV Ravina are in the process of succession of the first generation to the second generation, and the succession is still in the stage of mentoring and leadership transfer to the successor of the founder. Preparation succession is doing well, by the way apprenticed successor early.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationPerpustakaan UNIKOM
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id