Print ...

Contributor...

  • , Editor:

Path: Top

ANALISIS PEMBENTUK FAKTOR PENGARUH UTAMA DALAM PERILAKU PEMBELIAN BISNIS(Studi Pada Pemborong di TPI Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan)

Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2012-06-30 07:36:37
By : Maria Ulfa (97610237), Dept. of Management
Created : 2002-07-13, with 14 files

Keyword : perikanan, pembelian, lamongan

Penelitian ini merupakan studi pada pemborong di TPI Pelabuhan Perikana Nusantara Brondong Lamongan dengan judul "Analisis Pembentuk Faktor Pengaruh Utama Dalam Perilaku Pembelian Bisnis ".

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang layak dianggap sebagai penentu perilaku pembelian bisnis, serta untuk mengidentifikasi faktor yang dominan yang layak dianggap sebagai penentu pembelian bisnis.

Hipotesa dalam penelitian ini pertama menduga bahwa faktor yang dianggap layak sebagai penentu perilaku pembelian bisnis adalah faktor lingkungan, organisasi, antar peribadi dan pribadi. Sedangkan hipotesa yang kedua menduga bahwa faktor pribadi yang dominan sebagai penentu perilaku pembelian bisnis.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Analisis ini dimaksudkan untuk menemukan faktor-faktor inti yang selanjutnya dinyatakan sebagai faktor yang layak dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian bisnis.

Setelah dilakukan analisis data, dapat diketahui bahwa faktor yang layak dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian bisnis adalah faktor lingkungan dengan prosentase total varian 18,8 % adapun variabelnya tingkat permintaan, ramalan ekonomi, tingkat bunga, perkembangan politik dan peraturan, perhatian pada tanggung jawab, tingkat perubahan teknologi, perkembangan persaingan. Faktor pribadi dengan prosentase total varian 15,3 % adapun variabelnya umur, jabatan, sikap terhadap resiko, penghasilan, kepribadian dan budaya. Faktor antar pribadi yang mempunyai prosentase toal varian sebesar 12,4 % adapun variabelnya minat, status, daya bujuk, wewenang, empati dan faktor organisasi dengan prosentase total varian sebesar 9,4 % adapun variabelnya tujuan, prosedur, sistem, kebijakan dan struktur organisasi. Dengan demikian faktor lingkungan yang dominan sebagai penentu perilaku pembelian bisnis.

Dapat disimpulkan meskipun pada masa sekarang dalam melakukan keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh faktor pribadi. Tapi berdasarkan penelitian ternyata faktor lingkungan lebih dominan, karena pada masa sekarang ini dalam melakukan keputusan pembelian ikan, pemborong akan lebih sensitif dan selektif terhadap lingkungan yang ada disekitarnya yang bisa mempengruhi tingkat permintaan yang ditawarkan oleh nelayan.

Description Alternative :

Penelitian ini merupakan studi pada pemborong di TPI Pelabuhan Perikana Nusantara Brondong Lamongan dengan judul "Analisis Pembentuk Faktor Pengaruh Utama Dalam Perilaku Pembelian Bisnis ".

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang layak dianggap sebagai penentu perilaku pembelian bisnis, serta untuk mengidentifikasi faktor yang dominan yang layak dianggap sebagai penentu pembelian bisnis.

Hipotesa dalam penelitian ini pertama menduga bahwa faktor yang dianggap layak sebagai penentu perilaku pembelian bisnis adalah faktor lingkungan, organisasi, antar peribadi dan pribadi. Sedangkan hipotesa yang kedua menduga bahwa faktor pribadi yang dominan sebagai penentu perilaku pembelian bisnis.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Analisis ini dimaksudkan untuk menemukan faktor-faktor inti yang selanjutnya dinyatakan sebagai faktor yang layak dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian bisnis.

Setelah dilakukan analisis data, dapat diketahui bahwa faktor yang layak dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian bisnis adalah faktor lingkungan dengan prosentase total varian 18,8 % adapun variabelnya tingkat permintaan, ramalan ekonomi, tingkat bunga, perkembangan politik dan peraturan, perhatian pada tanggung jawab, tingkat perubahan teknologi, perkembangan persaingan. Faktor pribadi dengan prosentase total varian 15,3 % adapun variabelnya umur, jabatan, sikap terhadap resiko, penghasilan, kepribadian dan budaya. Faktor antar pribadi yang mempunyai prosentase toal varian sebesar 12,4 % adapun variabelnya minat, status, daya bujuk, wewenang, empati dan faktor organisasi dengan prosentase total varian sebesar 9,4 % adapun variabelnya tujuan, prosedur, sistem, kebijakan dan struktur organisasi. Dengan demikian faktor lingkungan yang dominan sebagai penentu perilaku pembelian bisnis.

Dapat disimpulkan meskipun pada masa sekarang dalam melakukan keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh faktor pribadi. Tapi berdasarkan penelitian ternyata faktor lingkungan lebih dominan, karena pada masa sekarang ini dalam melakukan keputusan pembelian ikan, pemborong akan lebih sensitif dan selektif terhadap lingkungan yang ada disekitarnya yang bisa mempengruhi tingkat permintaan yang ditawarkan oleh nelayan.


Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationDept. of Management
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id