Print ...

Contributor...

  • , Editor:

Path: Top

APLIKASI METODE ANTRIAN UNTUK MENENTUKAN JUMLAH OPERATOR SORTIR SURAT GUNA MEMINIMALKAN BIAYA DI SENTRAL PENGOLAHAN POS SURABAYA - JAWA TIMUR

Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2012-06-30 07:36:38
By : Wahyuni Solikhah (97540012), Dept. of Industrial Eng
Created : 2002-07-22, with 1 files

Keyword : APLIKASI ,METODE ,ANTRIAN

Barisan antrian merupakan fenomena yang terjadi bila permintaan terhadap pelayanan melebihi kapasitas. Usaha jasa komunikasi yang dalam waktu tertentu sering dihadapkan pada keadaan dimana tidak ada keseimbangan antara pelayanan yang diberikan dengan tingkat kedatangan surat biasa sehingga menimbulkan waktu tunggu yang lama. Dan yang menjadi pokok permasalahan disini adalah bagaimanakah cara meningkatkan sistem pelayanan yang optimal agar dapat mengurangi panjangnya antrian dan bagaimana menghitung total cost dari usulan perbaikan dengan waktu tunggu yang singkat (kecil).

Dari permasalahan ini, maka penyusun mencoba untuk memberikan masukan kepada pihak perusahaan dengan menganalisa menggunakan teori antrian untuk mendapatkan seleksi yang tepat dari segi kerugian akibat adanya barisan antrian atau pengangguran dari fasilitas-fasilitas pelayanan. Data-data yang diperlukan dalam perhitungan adalah waktu antar kedatangan, waktu pelayanan, biaya fasilitas pelayanan dan biaya kerugian akibat surat menunggu. Adapun pendekatan model antrian yang digunakan dalam pemecahan masalah ini adalah MultiChannel-SinglePhase, dengan distribusi kedatangan poisson, distribusi pelayanan eksponensial, probabilitas tidak terbatas dan distribusi pelayanan menggunakan FIFO (First-In First-Out).

Dari analisa antrian diperoleh total cost usulan Rp. 135.737,60 dengan tenaga kerja atau operator sortir 12 orang disini terjadi penghematan biaya, dibandingkan pada kondisi awal total cost Rp. 410.289,00 dengan tenaga kerja 8 orang.

Kata Kunci : Antrian, Model, Waktu Pelayanan, Server.

Description Alternative :

Barisan antrian merupakan fenomena yang terjadi bila permintaan terhadap pelayanan melebihi kapasitas. Usaha jasa komunikasi yang dalam waktu tertentu sering dihadapkan pada keadaan dimana tidak ada keseimbangan antara pelayanan yang diberikan dengan tingkat kedatangan surat biasa sehingga menimbulkan waktu tunggu yang lama. Dan yang menjadi pokok permasalahan disini adalah bagaimanakah cara meningkatkan sistem pelayanan yang optimal agar dapat mengurangi panjangnya antrian dan bagaimana menghitung total cost dari usulan perbaikan dengan waktu tunggu yang singkat (kecil).

Dari permasalahan ini, maka penyusun mencoba untuk memberikan masukan kepada pihak perusahaan dengan menganalisa menggunakan teori antrian untuk mendapatkan seleksi yang tepat dari segi kerugian akibat adanya barisan antrian atau pengangguran dari fasilitas-fasilitas pelayanan. Data-data yang diperlukan dalam perhitungan adalah waktu antar kedatangan, waktu pelayanan, biaya fasilitas pelayanan dan biaya kerugian akibat surat menunggu. Adapun pendekatan model antrian yang digunakan dalam pemecahan masalah ini adalah MultiChannel-SinglePhase, dengan distribusi kedatangan poisson, distribusi pelayanan eksponensial, probabilitas tidak terbatas dan distribusi pelayanan menggunakan FIFO (First-In First-Out).

Dari analisa antrian diperoleh total cost usulan Rp. 135.737,60 dengan tenaga kerja atau operator sortir 12 orang disini terjadi penghematan biaya, dibandingkan pada kondisi awal total cost Rp. 410.289,00 dengan tenaga kerja 8 orang.

Kata Kunci : Antrian, Model, Waktu Pelayanan, Server.


Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationDept. of Industrial Eng
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id