Print ...

Contributor...

  • , Editor:

Path: Top

ANALISIS SEGMENTED REPORTING UNTUK PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN OPERASI UNIT USAHA PADA PT. TONG CHUANG INDONESIA WARU SIDOARJO

Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP / 2012-06-30 07:36:54
By : Pujiati(97620421), Dept. of Accounting
Created : 2003-01-03, with 12 files

Keyword : Analisis segmented reporting

Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Tong Chuang Indonesia waru sidoarjo dengan judul” Analisis segmented Reporting untuk perencanaan dan pengendalian operasi unit-unit usaha pada PT Tong Chuang Indonesia waru sidoarjo.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja masing-masing unit bisnis strategidan kontribusi setiap UBS pada perusahaan secara keseluruan serta untuk mengetahui UBS yang paling baik strateginya.

Alat analisis yang di gunakan adalah analisis contribution margin( CM ) dan analisis segmen margin (SM). Tolak ukur untuk mengetahui tingkat profitabilitas yaitu dengan membandinhkan hasil CM dan SM tahun yang di analisis dengan tahun-tahun sebelumnya, sedangkan tolak ukur untuk menentukan apakah suatu produk paaatut di pertahankan atau di hapuskan yaitu apabila nilai SM yang di hasilkan positif artinya produk tersebut mampu menutup biaya tetapnya maka masih dapat di pertahankan tetapi jika SM yang di hasilkan bernilai negatif maka produk tersebut dapat di hapuskan kecuali keberadaannya masih di butuhkan oleh segmen lainnya dalam perusahaan.

Hasil analisis pendekatan segmen pada PT Tong Chuang Indonesia waru sidoarja dari tahun 1999 ke tahun 2000 menunjukan bahwa untuk segmen produk model-model super star SMR menigkat dari 32, 75 % menjadi 4,3 %, sedangkan segmen produk model Falcon SMRnya meningkat dari 25,35 % menjadi 32,63 %. Untuk produk model challenger SMR mengalami penurunan dari 20,11% menjadi 18,75%.

Dari hasil analisis CM dan SM tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk model super star dan model fulcon dapat terus dipertahankan, karena dari dua tahun terakhir labanya mengalami peningkatan, sedangkan untuk model chllenger dengan melihat adanya penurunan maka masih perlu dilihat lagi perkembangan dua tahun atau tiga tahun mendatang.

Berdasarkan dari analisis yang telah disimpulkan diatas, di tinjau dari sudut kegunaan dan manfaatnya, maka sudah selayaknya bagi pihak manajemen perusahaan, untuk menerapkan penyajian laporan segmentasi agar dapat berguna di dalam proses pengambilan keputusan nantinya, terutama penyusunan laporan segmentasi dengan menggunakan pendekatan kon tribusi margin yang dapat di manfaatkan untuk kepentingan internal manajemen PT Tong Chuang Indonesia itu sendiri.

Description Alternative :

Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Tong Chuang Indonesia waru sidoarjo dengan judul” Analisis segmented Reporting untuk perencanaan dan pengendalian operasi unit-unit usaha pada PT Tong Chuang Indonesia waru sidoarjo.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja masing-masing unit bisnis strategidan kontribusi setiap UBS pada perusahaan secara keseluruan serta untuk mengetahui UBS yang paling baik strateginya.

Alat analisis yang di gunakan adalah analisis contribution margin( CM ) dan analisis segmen margin (SM). Tolak ukur untuk mengetahui tingkat profitabilitas yaitu dengan membandinhkan hasil CM dan SM tahun yang di analisis dengan tahun-tahun sebelumnya, sedangkan tolak ukur untuk menentukan apakah suatu produk paaatut di pertahankan atau di hapuskan yaitu apabila nilai SM yang di hasilkan positif artinya produk tersebut mampu menutup biaya tetapnya maka masih dapat di pertahankan tetapi jika SM yang di hasilkan bernilai negatif maka produk tersebut dapat di hapuskan kecuali keberadaannya masih di butuhkan oleh segmen lainnya dalam perusahaan.

Hasil analisis pendekatan segmen pada PT Tong Chuang Indonesia waru sidoarja dari tahun 1999 ke tahun 2000 menunjukan bahwa untuk segmen produk model-model super star SMR menigkat dari 32, 75 % menjadi 4,3 %, sedangkan segmen produk model Falcon SMRnya meningkat dari 25,35 % menjadi 32,63 %. Untuk produk model challenger SMR mengalami penurunan dari 20,11% menjadi 18,75%.

Dari hasil analisis CM dan SM tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk model super star dan model fulcon dapat terus dipertahankan, karena dari dua tahun terakhir labanya mengalami peningkatan, sedangkan untuk model chllenger dengan melihat adanya penurunan maka masih perlu dilihat lagi perkembangan dua tahun atau tiga tahun mendatang.

Berdasarkan dari analisis yang telah disimpulkan diatas, di tinjau dari sudut kegunaan dan manfaatnya, maka sudah selayaknya bagi pihak manajemen perusahaan, untuk menerapkan penyajian laporan segmentasi agar dapat berguna di dalam proses pengambilan keputusan nantinya, terutama penyusunan laporan segmentasi dengan menggunakan pendekatan kon tribusi margin yang dapat di manfaatkan untuk kepentingan internal manajemen PT Tong Chuang Indonesia itu sendiri.


Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUNIKOMPP
OrganizationDept. of Accounting
Contact Namedyah@unikom.ac.id
AddressJl. Dipati Ukur No.116 Lt.7
CityBandung
RegionWest Java
CountryIndonesia
Phone022-2533825 ext.112
Fax022-2533754
Administrator E-mailperpus@unikom.ac.id
CKO E-mailperpus@unikom.ac.id